Himpunan Mahasiswa Prodi PAI Present :

Dalam rangka melaksanakan program kerja Badan Pengurus Harian Himpunan Mahasiswa Prodi Pendidikan Agama Islam (HMP PAI) menyelenggarakan Peringatan Maulid Nabi Muhammad Saw 2023 dengan tema “Kontemplasi Gerakan Revolusioner Sang Nabi”.

Rangkaian acara Maulid Nabi Muhammad Saw ini berlangsung dari pagi hingga siang hari, tepatnya pada hari Sabtu, 14 Oktober 2023 M./28 Rabi’ul Awal 1445 H. di Aula KH. Moh. Said Universitas Islam Raden Rahmat Malang. Kegiatan ini diawali dengan Pra acara yang dibawakan oleh Grup Banjari Alfusalam, dilanjutkan dengan video opening & narasi Maulid Nabi Muhammad Saw PAI UNIRA Malang. Memasuki rangkaian acara yang dimulai dengan Ceremonial meliputi pembukaan, pembacaan ayat suci Al-Quran dan sholawat Busyro, menyanyikan lagu Indonesia Raya, Syubbanul Wathon serta Mars UNIRA Malang, juga sambutan-sambutan oleh Ketua pelaksana, Bupati HMP PAI 2022-2023 dan Dekan Fakultas Ilmu Keislaman yang diwakili oleh Wakil Dekan Fakultas Ilmu Keislaman.

Berlanjut dengan pembacaan Maulid Simthudduror yang dibawakan oleh munsyid profesional Gus Fandy Irawan dan Gus Ainul Yaqin selaku Bupati HMP PAI demisioner tahun 2020-2021 diiringi oleh Grup Banjari Alfu Salam Malang. Dilanjutkan dengan Mau’idhoh Hasanah yang diikuti oleh seluruh seluruh civitas akademika Universitas Islam Raden Rahmat Malang sebagai bentuk peringatan Maulid Nabi Muhammad Saw yang disampaikan oleh Al-Habib Abdul Qodir bin Umar Mauladdawilah (Malang).

Inti dari Mau’idhoh Hasanah yang disampaikan beliau adalah keutamaan yang dimiliki Rasulullah Saw. yakni semakin sering kita memandang maka semakin tambah rasa kagum dengan beliau. Berbeda ketika kita memandang para ulama bahkan habaib, mungkin ketika memandang untuk pertama kali merasa kagum. Untuk kedua kalinya pun masih sama rasa kagum masih melekat. Akan tetapi dalam memandang yang ketiga kalinya bisa jadi mulai biasa saja, terlebih ketika telah akrab maka bisa saja hilang rasa kagum tersebut. Selain itu, ada hal penting yang perlu kita ingat yakni “Barangsiapa yang selama hidupnya melakukan kebaikan, maka ia akan diambil dalam keadaan husnul khotimah. Begitu juga sebaliknya, barangsiapa yang selama hidupnya melakukan keburukan maka akan diambil dalam keadaan su’ul khotimah.”

 Setelah Mau’idhoh Hasanah, dilanjutkan dengan pembacaan Maulid Simthudduror bersama hingga ditutup dengan do’a.

Acara Maulid Nabi Muhammad Saw ini dilaksanakan terbuka untuk seluruh civitas akademika Universitas Islam Raden Rahmat Malang serta terbuka untuk seluruh masyarakat khususnya yang berada di Kabupaten Malang.

Kegiatan ini memiliki maksud untuk menjalankan program kerja, memperingati hari lahir Nabi Muhammad Saw., menjamu tamu  Rasulullah Saw., mempererat tali silaturrahmi antar mahasiswa PAI dengan jajaran civitas akademika Program Studi PAI serta juga mengenalkan UNIRA Malang kepada masyarakat luas khususnya di Kabupaten Malang.

Kegiatan ini merupakan agenda besar terakhir dalam kepengurusan HMP PAI 2022-2023 yang berjalan sukses bahkan lebih dari ekspektasi yang diduga serta mendapat apresiasi besar dari Kaprodi PAI, Pembina HMP PAI bahkan jajaran pimpinan Universitas Islam Raden Rahmat Malang. Semoga acara ini memberikan manfaat, barokah dan relasi yang bermanfaat bagi kita semua, Terlebih dapat membahagiakan hati Rasulullah Saw. sehingga kelak mendapat syafaat beliau pada yaumul qiyamah. Aamiin.

Pewarta : Ananda Maulidatul Aulia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *